Lukisan Termahal di Pameran Koleksi Seni Istana Negara RI, Sampai Ratusan Milyar

JAKARTA, – Maestro lukis Indonesia, Raden Saleh Sjarif Bustaman terkenal sebagai seniman dengan karya yang bernilai fantastis. Istana Negara RI sendiri memiliki beberapa koleksi lukisan Raden Saleh.

Dua di antaranya diboyong ke Pameran Koleksi Seni Istana Negara RI di Galeri Nasional, Jakarta yakni berjudul ‘Perkelahian dengan Singa’ dan ‘Berburu Banteng’. Jika ditaksir nilai lukisan Raden Saleh mencapai ratusan miliyar.

“Untuk yang Berburu Banteng nilainya ratusan miliyar, beberapa bulan lalu ada lukisan Berburu Banteng yang dilelang di Perancis,” kata kurator Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Iindonesia, Watie Moerany saat ditemui di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Jumat (3/8/2018).

Sebagai catatan, dikehatui Raden Saleh semasa hidup melukiskan lima karya dengan tema perburuan banteng. Tiga karya dibubuhi tahun pembuatan yaitu 1842, 1851 dan 1855, dua lainnya tidak dibubuhi tahun pembuatan.

Salah satu lukisan Perburuan Banteng karya Raden Saleh dilelang di Perancis, berakhir dengan harga 7,2 juta Euro atau setara Rp 120 miliyar.

Dua lukisan karya Raden Saleh yang dipamerkan di Pameran Koleksi Seni Istana Negara RI ‘Indonesia Semangat Dunia’ adalah hadiah dari Ratu Belanda, Juliana kepada Pemerintah Indonesia saat Presiden Soeharto berkunjung 1970.

Hampir 120 tahun setelah Raden Saleh memberikan lukisan tersebut kepada Raja Willem III sebelum pulang ke Jawa 1851.

Mengapa harga lukisan Raden Saleh fantastis?

Raden Saleh adalah pelopor seni lukis modern Indonesia. Menurut Watie, karya Raden Saleh sangat detail, bahkan lipatan pakaian dalam lukisannya tampak.

Tak hanya itu Raden Saleh juga memerhatikan detail warna dengan luar biasa. Kancing berukuran setitik saja, diwarnai dengan penuh detail menampilkan warna emas berkemilau permainan cahaya.

Lukisan karya Raden Saleh, Perburuan Banteng
istimewa Lukisan karya Raden Saleh, Perburuan Banteng

 

Hal yang unik dari Raden Saleh adalah dirinya selalu menggambarkan satu tokoh dalam lukisan karyanya, dengan wajahnya sendiri. Jadi jika diperhatikan biasanya ada satu wajah yang familiar dari setiap lukisan.

Istana Kepresidenan RI sendiri rutin menampilkan lukisan karya Raden Saleh di setiap Pameran Koleksi Seni Istana Negara RI lukisan Penangkapan Pangeran Diponogoro pada 2016, Harimau Minum 2017, dan kini Perkelahian dengan Singa dan Berburu Banteng.

Jangan lewatkan menyaksikan karya Raden Saleh langsung di Pameran Koleksi Seni Istana Negara RI, Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, 3-31 Agustus 2018.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.